PHISING

by 07.05 0 komentar
Phishing, adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda secara tidak sah. Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah.
Ada beberapa  modus kriminalitas didunia maya, salah satu bentuknya yang wajib diwaspadai adalah pencurian data-data account penting anda. Pelaku biasanya adalah seorang hacker dengan cara menjebak orang lain untuk tidak sadar bersedia memberikan data-data account-nya.
Modus yang digunakan adalah mengirimkan sebuah email phising yaitu pengiriman email yang bertujuan untuk mencuri data data rahasia tentang account kita, email seperti ini harus kita waspadai, caranya adalah dengan tidak mengindahkan dan menuruti perintah-perintah si hacker tersebut. Selanjutnya anda lakukan blokir alamat email dari si pengirim e-mail phising tersebut .
Beberapa teknik Phishing antara lain :
1.         Menggunakan format dan alamat e-mail palsu untuk meminta data rekening dengan alasan perbaikan/ updgrade sistem.
2.         Menggunakan website palsu yang mirip dengan website Bank Mandiri yang resmi.
3.         Mengirimkan form isian melalui e-mail yang meminta user ID, password atau PIN.
4.         Permintaan “Sinkronisasi Token” pada saat login mandiri internet.
Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan data User seperti user ID, password atau PIN secara tidak sah.
Aksi ini semakin marak terjadi. Tercatat secara global berdasarkan Anti-Phishing Working Group (APWG), jumlah penipuan bermodus phishing yang berhasil dideteksi selama Quartal 1 tahun 2014 (Januari Maret) sebanyak 125.215 meningkat 10,7% dibandingkan dengan Quartal 4 tahun 2013 (Oktober Desember) sebanyak 111.773. Sedangkan jumlah laporan yang disampaikan kepada Anti-Phishing Working Group (APWG) tercatat selama Quartal 1 2014 sebanyak 171.792 laporan atau meningkat sebesar 6,8% dibandingkan dengan Quartal 4 tahun 2013 yang mencapai 160.777 laporan. Adapun sektor industri yang menjadi target utamanya tetap, yaitu industri jasa pembayaran.

Selain terjadi peningkatan kuantitas, kualitas serangan pun juga mengalami kenaikan. Artinya, situs-situs palsu itu ditempatkan pada server yang tidak menggunakan protokol standar sehingga terhindar dari pendeteksian.

AkhiraYolanda

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar